TIPS UNTUK MENGATASI PSIKOLOGI TRADING

Melatih kesabaran bukanlah hal yang mudah dilakukan seorang trader.

Trader yang telah berpengalaman dan bijaksana akan selalu menganjurkan para trader pemula untuk trading dengan sabar dan menghindari keterlibatan emosi ketika mengambil keputusan yang penting.

Anjuran itu memang sederhana dan rasanya tidak sulit untuk dilakukan terutama jika sahabat masih bermain-main dengan akun demo. Sahabat memang bisa melakukannya, sabar dan tidak emosional. Tetapi apa yang terjadi bila saldo balance sahabat adalah akun real. Ketidaksabaran biasanya terjadi ketika trading pada pasar yang ranging atau sideways.

Jika sahabat tidak sabar untuk segera menutup posisi karena pergerakan harga memang cenderung lambat. Secara psikologis, ketidaksabaran timbul karena ingin secepatnya mengembalikan profit, ataupun merealisasikan lose agar bisa kembali balancenya.

Justru yang biasa terjadi adalah trader lupa menutup posisi market sebelum level Stop Loss atau target profit tercapai yang hasilnya menjadi zonk karena analisa semakin tak masuk akal.

Jadi saran saya kepada sahabat semua jika terjadi kondisi seperti ini segeralah close market dan masuklah nanti saat kondisi psikologis sudah normal dan segera lupakan kondisi trading sebelumnya meskipun lose, sehingga pola pikir kita akan dibuat tidak terbebani.

Salam sahabat Trader Receh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Join via Whatsapp